Selasa, 10 November 2015

Suku Primata dan Sub Golongannya




A.   MAKHLUK MANUSIA DIANTARA MAKLUK-MAKHLUK LAIN
Dipandang dari sudut biologi manusia hanya merupakan suatu
Macam makluk diantara lebih dari sejuta macam makhluk lain, yang pernah atau masi menduduki alam dunia ini. Pada pertengahan abad ke-19 para ahli biologi, dan yang terpanting diantara mereka c.Darwin,mengumumkan teori mereka tentang proses evolisi biologi. Menurut teori itu bentuk-bentuk hidup tertua dimuka bumi ini , terdiri dari makhluk-makhluk satu sel yang sangat sederhana misalnya protozoa.

Oleh para ahli biologi manusia ditempatkan ke dalamsub-suku

Antropoid,yang sebaliknya dibagi khusus menjadi tiga infra-suku Ceboid mengolongkan menjadi satu semua kera, baik yang telah punah maupun yang masi hidup langsung di daerah tropic di benua Amerika ; infra-suku Cercopithecoid menggolongkan menjadi satu semua kera, baik yang sudah punah maupun yang masi hidup langsung didaerah tropic di benua Asia dan Afrika
sedangkan infra-suku Hominoid mengologkan menjadi satu kera-kera besar dengan manusia.

Dalam proses evolusi biologi yang berlangsung sangat lama tersebut, telah menghilangkan sekian banyak bentuk-bentuk mahluk lama dari muka bumi ini. Akan tetapi banyak juga yang dapat bertahan hingga sekarang ini bahkan sudah hampir mendekati angka satu juta jenis bentuk-bentuk mahluk hidup baru yang berasal dari bentuk-bentuk lama di muka bumi ini.;
Untuk mendapatkan pengertian tentang jumlah aneka warna dan jenis sebesar itu, para ahli biologi telah membuat suatu system klasifikasi dimana semua mahluk di dunia ini telah mendapatkan tempat yang sewajarnya berdasarkan atas morfologi dari organismanya. Manusia menyusi adalah salah satu keturunannya, dari ciri-ciri itu maka manusia dikelaskan bersama dengan mahluk-mahluk lain kedalam satu golongan yaitu binatang menyusui atau Mammalia.
Dalam kelas Mammalia ini terdapat satu sub-golongan atau suku yaiutu Primat. Suku ini terdiri dari semua jenis kera, dari kera yang terkecil yang disebut dengan Tarsi sampai kera yang besar yang disebut Gorila dan juga manusia.
Suku Primat dibagi menjadi 2 sub-suku yaitu sub-suku Prosimii dan sub-suku Anthropoid. Oleh para ahli, manusia dimasukan kedalam sub-suku Anthropoid. Sub-suku Anthropoid dibagi menjadi tiga (3) infra-suku yang diantaranya :
1. Infra suku Ceboid
Suku ini mempunyai ciri yaitu menggolongkan semua jenis kera, baik yang sudah punah maupun yang masih hidup langsung du daerah tropic di Benua Amerika
2. Infra suku Cercopitheroid
Sedangkan suku ini menggolongkan semua jenis kera, baik yang sudah punah maupun yang masih hidup langsung du daerah tropik di Benua Asia dan Afrika.

Infra suku Hominoid

Sementara suku Hominoid menggolongkan semua jenis kera dengan manusia. Infra suku ini dibagi lagi kedalam 2 keluarga, yaitu Keluarga Pongidae dan keluarga Hominidae.

1. Keluarga Pongidae
Keluarga ini menggolongkan menjadi satu beberapa macam kera besar yang terutama hidup di daerah tropik di Asia dan Afrika. Seperti kera gibbon, orang utan, chimpanzee dan gorilla.

2. Keluarga Hominiode
Menggolongkan menjadi satu manusia purba sejenis pithecanthropus danegan homo Neanderthal dan dengan manusia sekarang atau disebut dengan Homo sapiens. Manusia/Homo sapiense jaman sekarang ini memiliki sedikitnya empat ras yaitu Australoid, Mongoloid, Caucasoid dan Negroid.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar